Trip Akhir Tahun 2019 Goes to Banyuwangi – Kawah Ijen (Part 1)

Semua ini bermula dari candaan, Asli! Sebenernya gue sendiri belum yakin ngeTrip ke Ijen. Banyak faktor yang harus gue pertimbangin. Ya salah satunya budget sih. Yang di mana, kalau ngeTrip dadakan pasti jauh lebih mahal. Tapi.. berhubung temen gue ada yang nanya, ya gue jawab. “Din.. ada rencana kemana gitu, akhir tahun? Nanjak atau kemana..?” “Belum ada sih, tapi gue lagi ngiler banget nih pengen ke Ijen.” “Gas lah din..” “wkwkwwk”.

Itu chattingan singkat antara gue dan Atenk. Temen yang baru gue kenal dari acara Campcer alias Camping Ceria kemarin, waktu di Curug Ciputri Tenjolaya. Dia sebagai ketua panitianya saat itu. Ya.. you know lah, gue tuh orangnya SKSD gitu. Tapi yaudahlah ya hehe.. jadi kenal deh.

Hari berselang dan topik pembicaraan semakin serius membahas Ijen. Mulai dari homestay, budget untuk tiket kereta yang masih tersedia, survey harga bus juga, survey harga sewa motor dan masker belerang. Padahal, belum pasti. Tapi dibahas wkwkwkwk.
Hingga pada akhirnya, gue ngechatt Mira.. sebenernya sih gue mancing dia haha..

Dan akhirnya.. Kepancing. Begini ceritanya,
“Miraaa gue pinjem power bank lu dong.. (*padahal, gue udah ada power banknya haha) “Buat kapan?” “Kapan ya.. hm belum tau juga sih. Tapi, kalo gue minjem bolehkan?” “Masih gue pake sih, emang lu mau ke mana din? (*Ini dia nih pertanyaan yang gue tunggu-tunggu.. hehehe) “Ke ijen..” “serius?” “iyaah.. kan akun instagram gue @andini.sirius hahaha” “Din.. nggak bercanda ih!” “Hahaha kenapa sih Raa?” “Serius ke Ijen din?” “Ya.. gue sih lagi ngiler ke Ijen, yuk kuy..” “Ayo..” “Apaan.. ayo Raaa?” “Iya ayoooo din.. kita gas..” “Okeh, lu libur mulai kapan?” “25” “Yaudah masih ada waktu buat survey kereta, tapi kayanya udah abis ini mah. Bus gapapa ya?” “Atur aja din..” “Oke!”

Mira yang masih sibuk karna jam kerja, nyerahin semuanya ke gue. Untuk tiket kereta kita kehabisan. Yaiyalah, wong dadakan kek tahu buleud. Alhasil, Hari Sabtu tanggal 21 Desember 2019 gue ke Cibinong survey harga tiket bus. Itupun, ditemani oleh Bu Irma, patner gue di UT. Rasanya kalau sendirian bete aja di motor, nggak ada temen ngobrol Hehehe.. Ah gila, 450k coy! Dari agen satu ke satu nya lagi. Dan sama! Pahala Kencana, Gunung Mas Harta 450k. Kecuali, Lorena 470k. Entahlah apa yang membedakan, gue nggak nanya lebih lanjut. Seharian bareng Bu Irma, pulang ke Pondok Terong sambil menunggu kabar dari Mira, bersedia atau tidak. Karna saking penasarannya, pas Ba’da Ashar, gue otewe Bedahan. Gue culik Mira yang baru aja pulang kerja. Kita menuju Terminal Djati Jajar dengan kondisi hujan deres, sekita pukul 5 sorean. Dan ini perdana! Terminalnya gede banget haha. “Senjaku di Terminal Djati Jajar, Kala itu!”. Harga pun sama, jam terbang pun sama, bada Dzuhur. “Daripada repot-repot ke terminal Djati Jajar, mendingan berangkat dari Cibinong,” gumam dalam hati.

Kesepakatannya, gue dan Mira naik dari Cibinong dengan bus Pahala Kencana melalui Mas Bintang, Pengelola Agen Bus Sri Malam. Sedangkan Atenk, dia sudah meluncur terlebih dahulu menuju Solo, untuk menemui kerabatnya. Barulah menuju Banyuwangi. Mepo kita bertiga di Terminal Brawijaya/Karangente.

Tiket sudah di tangan, rasanya lega aja. Padahal, harga cukup menelan ludah. 28 Desember 2019, merupakan tanggal keberangkatan. Jam 9 pagi, 7 panggilan tak terjawab memenuhi layar ponsel gue. Itu dari Mas Bintang. Yang memberi kabar, bahwa keberangkatan dimajukan menjadi pukul 11 siang. Dengan segera gue kabarin si Mira. Selama perjalanan, banyak drama. Haduh! Gue di anter sama adik gue, Jinan. Berangkat pukul 10 kurang 10. Biasanya sih perjalanan memakan waktu 30 menit. Tapi ini nggak! Macet parah! Sudah begitu, ponsel jinan yang digenggamnya segala jatoh! Itu pun diteriakin oleh bapak paruh baya yang berdagang basreng. “Neng, handphonenya jatuh!” seketika gue ngerem ngedadak. Ah disitu gue kesel. Ya.. lo sendiri pasti pernah ngerasain dong, lagi keadaan panik, ngejar waktu dan tiba-tiba ada hal-hal yang begitu, hmmmm.. Tapi, Alhamdulillahnya ban motor aman. Jam 11 kurang 5 menit, gue kejebak macet pas mau menuju Lampu Merah Cikaret. Yang tadinya gue sen kanan buat nyalip, alhasil gue sen kiri. Ngikutin mas-mas yang ada di depan gue. Hehee warga 62 emang begitu yaaa, suka ikut-ikutan. Dannnn gue nerobos trotoar. Nggak Cuma gue doang, banyak ko! (*Berusaha membela diri. Ini salah sih. Tapi kepepet atuh, gimana? Gapapa lah ya, sekali mah).

11 lewat dikit nyampe juga akhirnya. Gue belum liat batang idungnya si Mira, Aduh! (*pas gue buka ponsel) “din lu dimana?” “gue udah sampe!” (*Pas gue cek. Oh iyaaa gua salah ngasi info.. aduhh! Kenapa gue bilang depan robinson ya wkwkwk. Itu bangunannya sama sih warna merah wkwkwk ada-ada aja sih..) “Raaa.. salah, bukan depan Robinson, samping Super Indo” “Ebujuuuugg diniiiiiii” “tunggu, jangan kemana-mana gue ke situ!” (*Maapin ye.. suka begitu emang heheheee).

Mira udah gue jemput, waktunya Jinan untuk pulang. Enaknya punya adik, ya gini, bisa diandelin. Eh tapi kadang, kalo lagi ngeselin mah susah diandelin. Ah, begitu deh pokoknya haha.

Menunggu itu memang faktanya membosankan. Ngobrol ngaler ngidul, Bus belum juga tiba, ternyata. Kalian tahu? Muncul sekitaran setengah satu. Berapa jam tuh kita nunggu? hmmmm.. memang sih kalau macet nggak bisa diprediksi. Ya, nikmatin saja.

Bus mini tiba mengantarkan kami menuju Pulo Gebang, perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam. Mas Sopirnya grecek, bawel, seru sih. Kita duduk paling depan. Perjalanan itu berdinamika. Gerbang Tol pertama Hujan deres, kedua cerah, panas lalu selanjutnya gerimis.

“Persiapkan barang bawaan Bapak Ibu sekalian, cek kembali untuk menghindari barang yang tertinggal. Begitu sampai, bilang saja rombongan dari Bus Pahala Kencana. Nanti langsung menuju Lantai 3. Di sana akan ada pihak yang bertugas dan pasti di arahkan kembali sesuai tujuan Bapak Ibu masing-masing,” ujar Mas Supir, yang belum sempat gue tanya namanya.

Semua penumpang turun. Dan entah kenapa feeling gue harus bareng sama si ibu yang baju merah ini. Gatau. Bingung juga. Spontan bilang “Bu.. kita berdua bareng Ibu ya ke atasnya..” “iya hayu.. nanti sama yang lain juga.” “Ibu mau kemana?” (Gue kepo!) “Ke arah Banyuwangi neng, tapi turunnya di Jember” “hm, sama berarti banyuwangi. Tapi kita turun di Karangente Bu..” “Ealaaahh Terminal terakhir itu Neng..” (*gua cuma bisa narik napas panjang).

Lagi-lagi kesabaran di uji. Travelling itu tidak semulus yang dibayangkan. Banyak kejadian diluar dugaan. Salah satunya ya ini. “Menunggu”. Sekitar 20 orang kami yang berbeda tujuan saling bercengkrama mengobrol. Bukankah manusia memang diciptakan untuk saling kenal mengenal? “Lita arofu" seperti dalam Q.S Annisa.

28 Desember 2019, Pukul 05 Sore Bus Pahala Kencana Tiba. Tulisan tujuannya sih Jakarta - Denpasar PP, mungkin bus nya nggak ada apa gimana entahlah. Di bawahnya ada tambahan tulisan “Banyuwangi”. Ya.. coba naik Bus Bali nya dulu deh, otewe ke Bali nya mah kan bisa tahun depan. Hehehe.. Aamiin..

Kami berdua duduk di urutan paling belakang, barisan sebelah kiri, 8A dan B. Di samping kanan, ada 2 pria yang kira-kira tak jauh berbeda dengan umur kami, kepala dua. Dari tampilannya sih, anak gunung gitu. Bawa tas carier, pake sendal gunung, bawa kamera dan tas kecil yang di kalungkan dengan merk Eiger. Sebut saja Mas G “Gemuk” dan Mas J “Jambul” hehehehe.. Mereka naik tidak berdua. Tapi berempat. Yang dua lagi duduk di bangku paling depan. Kenapa gue masukin mereka dalam cerita gue? ya.. baca aja deh hehe.

Perjalanan Jakarta-Banyuwangi dimulai. Buat kalian yang punya penyakit kaya gue, “Mabok Perjalanan” pasti itu perjuangan banget. Bukan gue lebay atau apa yah, tapi, aduh.. rasanya tuh kalau sudah di dalam bus, badan nggak karuan rasanya. Kepala Pusing. Badan Lemes. Dan Mulut Pait banget! Cuma satu “pingin cepet nyampe, udah itu aja.”

Gue lupa jam berapa sampe tempat istirahat pertama, yang jelas kami mendapatkan jatah makan. Tapi bukan makan yang gue pengen. Gua Cuma pingin turun dan langsung ke toilet! (Sebab, kalau bus sedang berhenti, toilet bus tidak boleh dipakai). Gue Muntah! Aduh! Gak beres ini.

Usai sholat, Mira nunggu gue, “Ayo ambil makan, dikit aja," kata Mira sambil merangkul “Okelah gue ikut ngantri..”
“Ayam atau Telur?” menu yang ditawarkan malam itu.
Gue milih ayam dan Mira Telor. Eh, betewe Telur dulu apa ayam yang duluan sih? Hehee #Apasih.

Di sela makan gue mikir, ini istirahat berapa lama yaa.. kan gue di kamar mandi lama banget. dua tiga suapan makan, gue liat mas kondektur celingak-celinguk, kaya nyari orang gitu. Dan gue perhatiin, dia menghampiri petugas informasi orang gitu. Omongan dari ruang makan nggak jelas. Tapi feeling gue, nama gue yang disebut. Tapi, nggak yakin juga sih. Dannnn... jeng jeng jeng.. begitu selesai makan, gue menuju bus, semua penumpang ngeliatin kita berdua haha “Aduh Miraaaa.. jadi bener tadi tuh nama gue, gumam gue” Kami naik, pintu bus pun segera ditutup. (*Untung nggak ditinggalin! Wkwkwkwk). Tapi, ada tatapan sinis dari Mas G dan J. Ah.. nggak boleh suudzon sih, tapi keliatannya begitu. Mungkin mereka mikir “Ni bocah berdua kaga liat waktu apa ya, nyantai amat!” (*Sosoan baca pikiran orang).

Makin malam makin dingin. Dan yang gue heran, itu orang-orang kenapa demen banget sih pake AC? Apa gue yang norak kali ya? Hmm bau rasanya! Udah pasrah pokoknya. Sekalinya udah muntah bakal keterusan. Malem pules sambil jantungan. Pak supir bener-bener gas. Ngebut bukan main. Suasana hening, sampe-sampe si Mira nyeplosin “Astaghfirullahaladziim” dan gue melek setengah sadar. Yang gue liat si Mas G dan J nengok.

Pagi tiba.. aroma sejuk dari hamparan padi makin terasa dari balik kaca bus. Pingin rasanya nikmatin pemandangan pematang sawah nan hijau. Tapi nggak sanggup! Pusing bawaannya! Pokoknya gue di bus Cuma bisa tidur! Dan sampai kapanpun ini nggak asik!

Matahari mulai muncul. Sebagian dari kami menutup hordeng. “Ra... tutup juga napaaa hordengnya..” Mira duduk di pojok dekat jendela. Sedangkan gue di pinggir, supaya gampang bolak balik toilet.

Keringet dingin muncul! Jam 7 pagi gue nggak bisa nahan. Gue muntah di bus. Ah parah! Alhamdulillahnya kamar mandi kosong. Jalan sambil sempoyongan menuju toilet. Gue kira ada wastafelnya. Ternyata nggak! Amsyong! Mau nggak mau gue muntah di closet. Alhamdulillahnya pengharum ruanganya extra kali yak, jadi nggak bau pesing.

Gue duduk lagi ke tempat semula, dan Mas G tepat di samping gue nengok. Entahlah. Dia nengok aja. Nggak lama kemudian, selang 20 menit, yang gue khawatirin kejadian. Gue muntah di saat kamar mandi ada orang. "Astaghfirullahaladziim dini... udah gitu muntahannya keluar dari mulut," gerutu gue. Gue tahan pake tutup masker. Dan Mira dengan sigap nadangin keresek. Arrrghhhhhh Sayang Mira pokoknya! Berasa jadi mpoknye kali ya dia hahahaa.. semua yang gue makan, keluar semua. Kacau! Keresek sudah penuh, Pintu toilet pun akhirnya kebuka dan gue masuk. Gue lanjutin deh muntah gue.. (*Maapin yaaa ngerepotin hmm)

Bus berhenti di Jember. “Yuk semuanya turun, bus mau dibersihkan terlebih dahulu," kata pak kondektur. Gue turun. Yang lain mesen makanan, dan gue ke tempat langganan. Toilet.

Toilet ada dua. Satu di bawah, satunya lagi di atas. Gue ke atas, gue kira nggak ngantri, eh taunya sama aja. Gue urutan ke-4 (terakhir) sambil nahan muntah. Hmmmm Ripuh.. Gusti!

Begitu gue masuk, ada suara sepatu napak. Suara langkahan kaki gitu. Hm, berarti ada orang lagi yang mau ke toilet. Gua nggak bisa lama-lama nih. Tapi muntahan gue belum kelar. Sampai pada akhirnya, gue belajar masa bodoh, suara gue kayanya kedengeran sampai keluar, kalau gue lagi muntah. Ah sudahlah. Memang faktanya seperti itu. Pas gue keluar, Mas J tepat di depan pintu. Gue liat dia, dan dia nelen ludah. Entahlah apa maksudnya. Tapi dari tatapannya, gue ngerasa dikasihanin. ("kasian banget sih ni cewe, nggak di bus nggak ditempat istirahat muntah mulu.) Nebak aja sih. Suka gitu nggak kalian? Sok tau sama pikiran orang hm?
“Mari Mas..”
“Iya.. Mba..”

Mira duduk di bangku kayu, tepat disamping bus. “Udah muntahnya?” (ngangguk) “Beli teh anget dulu gih, buat nanti di mobil” “Yaudah gue beli dulu”

Bus melanjutkan perjalanan, dan gue dikasih Obat, bukan antimo apa yah namanya lupa, warna putih gitu sama Ibu yang duduk disampingnya Ibu Baju Merah. Ah lagi-lagi gue belum sempet tanya namanya siapa. Yang jelas 2 Ibu ini perhatian. Ngebayangin gue anaknya kali ya. Obat belum sempet gue minum, dan bus pun belum lama melaju. Muntahan yang di toilet pemberhentian tadi, gue lanjutin di toilet dalam bus. (*Din.. din.. kenapa gini amat ya? Perjalanan 4 jam lagi, masa iya terus-terusan muntah?).

Satu per satu penumpang turun. Begitu pun 2 Ibu tadi, yang baju merah di Jember, yang satu lagi di Jajak apa Serono yah lupa hehe.. bangku bus perlahan kosong.

Kalau dihitung berapa kali gue muntah. Wah! Tidak terhitung sepertinya. Bisa separah ini ya? Gue 
sendiri nggak ngerti deh. Kalau disuruh memilih, gue sih lebih baik pegel naik motor dibandingkan bisa banyak gerak tapi di dalam mobil. Nyerah deh gue!

Obat yang tadi dikasih gelinding ke bawah pas gue berdiri mau ke toilet. Dan gue mau minum antimo ceritanya, tapi beneran nggak kuat, mulut udah pait banget. Yang ada itu obat nggak akan ketelen. Yaudah lagi-lagi gue pasrah. Gue nikmatin muntah sepanjang jalan.
“din.. gue nggak tega ama lu..”
“yaelah.. udah biasa. Udeh lu merem aja.”

Dua jam mendekati lokasi, Mas G pindah ke kursi bagian paling belakang sebelah kanan. Jadinya, Mas J posisi juga berubah jadi selonjoran. (*yaelah, baru mau pindah, keburu dia duluan, lagi-lagi gue gerutu). Jadi tuh, sebelah kanan bangkunya urutan sampai 9 baris ke belakang. Sedangkan sebelah kiri hanya sampai urutan 8. Maksudnya gue tuh, kan biar nggak keliatan bolak balik ama si Mas G ama J. Eh yaudahlah, selama perjalanan mungkin mereka risih ngeliat gue yang asik mondar mandir ke toilet.

30 menit menuju lokasi, tinggal gue Mira, Mas G, Mas J dan 2 temannya lagi. Feeling gue sih mereka mau ke Ijen juga. Kalau pun iya, paling nanti ketemu di Ijen. Detik-detik mau  sampai, gue muntah lagi. Hmmmm.. gue ke kamar mandi, dan tiba-tiba bus berhenti, pintu toilet juga kebuka,
“din.. udah sampe, masih aja muntah sih lu..”
“ini pintu lu yang buka?”
“ya iya atuh.. udah nih minum.. ayo turun.. udah kosong nih busnya.”

Turun sempoyongan, mata sepet, mulut pait, kepala puyeng dan gue pengen rebahan. Di Terminal Brawijaya gue selonjoran. Langsung gue lempar tas buat jadi bantal. Orang sekitar pada ngeliatin. Ah bodo amat!

Mira yang sibuk menghubungi Atenk untuk mengetahui posisi dimana, sedangkan gue nyempetin buat merem sebentar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keep Moving My Dear🌻❤️

Kita Setara! Menjabat sebagai "Manusia"

Lagu Recomanded Banget !! Avril Lavigne - Fly || Find it