Mt.Merbabu 3142mdpl - Badai


Hay guys..
Makasih udah mau mampir.. dan Jangan bosen-bosen membaca artikel gue ya..
Jadi tuh, awal gue gabung alias ikutan ngeTrip, namanya itu Silaturasa. Kalau sekarang namanya menjadi Querencia. Jangan lupa follow yahh @querencia.ina.. Basecampnya ada di Karadenan, Bogor Jawa Barat. Yang sekaligus, tempatnya dijadiin Meeting Point pas hari Keberangkatan.

22 – 25 Desember 2018 merupakan tanggal yang bisa dibilang, moment penutup di penghujung akhir tahun. Niatnya sih ditutup Puncak Merbabu.. eh, Semesta belum mendukung ternyata. Baiklah, kita hanya sampai di Sabana 1 saja. itu geh uyuhan ah, bisa sampai sana. Alhamdulillah, udah nggak penasaran sama tracknya.

Lagi-lagi, kita lintas jalur. Naik via Gancik dan turun lewat Selo. Ahh.. gue pikir juga, kalau misalnya naik dan turun lewat gancik, akan terasa dua kali lipat lelah. Apalagi track dari basecamp gancik menuju hill top? Duhh kalimat apa yah yang bisa menggambarkan dengan jelas? Intinya benar-benar menukik tajam! Kemiringan hampir 180 derajat sepertinya. Yang bisa saja, membuat telapak kaki terasa baal atau bahkan copot kali ya. Hm….

It’s oke, Selo menjadi pilihan untuk kami turun. Tak apa, jalur selo memanjang.. yang terpenting jalurnya landai dan bersahabat dengan kaki yang kadang melangkah dengan gemulai. #Hmmm saking lelahnya.

Dari gunung yang pernah gue daki, hanya Merbabu yang terasa tantangannya lebih berat. Yaps! Ada badai! Gue tahu, Desember itu memang termasuk dalam hitungan musim hujan. Tapi gue nggak kepikiran sama sekali kalau disana ternyata bakalan ada badai. Ya… karna gue berkeyakinan “everything’s gonna be okay,” yasudah.. di gas aja. Bukankah Allah itu menurut prasangka hamba-Nya? Jadi, gue hanya berusaha untuk berhusnudzon kala itu.

Kali ini, gue mau coba beda. Gue baya carier ukuran 60L. biasanya sih pakai daypack. Bukan Cuma pingin terlihat keren sih, tapi.. kalau pakai carier rasanya, kaya afdol  aja gitu hehe.. seperti yang gue bilang sebelumnya, gue mah apa atuh.. modalnya Cuma niat aja. Sisanya modal pinjam wkwkwk.. #makasih lho!

Seperti biasanya, pulang pergi naik bus. Dan hal ini masih terbilang gak asik! Ah payah memang, sudah besar begini masih saja bersahabat dengan kantong plastik. Huuffft’ ehh emang dirimu sudah besar ya? Wkwkwk tapi mukanya masih baby face kok hehe *piss

Walaupun tukang mabuk perjalanan.. tapi, bukan menjadi halangan untuk mendaki. Bukankah proses itu indah? Ya.. nikmati saja. nikmati tidur sepanjang perjalanan. Wkwkwk

Waktu itu, gue dianter sama Pak Komandan. Awalnya, agak berat beliau mengizinkan. Sebab, kondisi badan yang sebelumnya memang lagi drop. Tapi, karna gue orangnya keukeuh.. alhasil gue terus berusaha meyakinkan Bapak dan akhirnya, beliau mengizinkan. Sampainya di Mepo alias Basecamp, Pak Komandan malah menjabarkan kondisi badan gue hmm.. ya, mungkin ini bentuk rasa khawatirnya. Padahal mah, gue juga udah bilang ko sebelumnya ke panitia. tentang dropnya badan gue. Intinya sih, gue memaksakan. Jangan ditiru ya guys!

Sebetulnya, mendaki itu bisa di lain waktu. Waktu di mana kondisi badan benar-benar fit. Gunung juga nggak akan lari kalau dikejar. (Eh tapi, siapa juga yang mau ngejar—ngejar gunung? Kalau ngejar dia sih mau wkwkwk). Emang gue nya aja yang udah ngebet ke Merbabu. Awal rencana tuh, di bulan Juli kemarin.. hingga pada akhirnya mereka mendaki di bulan Agustus 2018 tanpa gue! Huhu bentrok ama jadwal kerja saat itu.

Makanya, begitu ada kesempatan ngeTrip Merbabu di Desember ini, ya gue gas aja.. Padahal mah, kesempatan itu pasti datang beberapa kali. Hanya saja rentan waktu nya yang kadang membuat kita sendiri nggak ngeh kalau itu adalah kesempatan sebelumnya yang pernah terlewatkan. (ini sih menurut pandangan gue!)

Berangkat ujan pulang pun ujan. Sama kaya Gunung Gede. Dari awal basecamp Gancik, kami para ciwi-ciwi memutuskan untuk ngojeg. Kecuali, Ka Anita. Wah luar biasa deh itu kakinya. Salut!

Pendakian pun dimulai. Sepanjang jalan, tenggorokan gue  gatel banget! Ah parah! Batuk minum, batuk minum.. gitu aja terus. Coki-coki sampe awat haha..

Selama perjalanan dari bus sampe pulang, mereka itu baik, perhatian dan.. mudah akrab. Apa memang seperti itu jiwa pendaki? Mungkin. Ada yang ngasih gue tolak angin, ada yang ngingetin buat nggak usah ngemil coki-coki sama madu, ada yang ngingetin buat istirahat aja dulu terus minum. Gue sendiri, nggak hafal betul nama mereka. Maapin ya.. atuh banyak banget hehe.. kenal muka tapi lupa nama. Suka gitu nggak sih? Wkwkwk -ah manusia. Pokoknya, sikap mereka semua bersahabat. Nggak peduli sudah lama kenal atau belum.

Trackingnya sangat menguras tenaga ini mah. Kebanyakan tanjakan kalau menurut gue sih.. udah gitu, licin! Hmmm.. Berangkat pagi sekitar jam 7 an sampe Pos 4 alias Sabana 1 itu sekitar ba’da Ashar. Awal rencana, kita bakalan ngecamp di Sabana 2.. supaya pas Summit Atack nya jarak menuju puncak sedikit lagi. Tapi, apalah daya.. Semesta belum mengizinkan kami untuk ke sana. Cuaca ekstrim yang tidak memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan. Alhasil, ngecamp lah kita di Sabana 1. Gue kira, badai nya sesaat.. berharap malam ini mau liat bintang, padahal. Sebab waktu di Prau kemarin, sama sekali ga liat bintang. huhuu sayang banget! atuh gue nggak kuat lama-lama di luar tenda. dingin pisan! Ehh.. kali ini juga belum ada kesempatan ternyata. Tak apa! Masih ada hari esok. Aamiin..

Hujannya sih Alhamdulilah nggak seberapa, tapi anginnya. masya Allah.. tenda kita pada kebanjiran. Wkwkwk.. gue setenda sama 3 ciwi berasa udah kenal lama. Padahal kenalan pas di Bus. Uhh Tak kenal maka tak sayang eaaa.. saking kencengnya angin, Ka Nita ama Mira sampe nyidukin air pake mangkok. Kalau kata si Mira mah ya, bisa nih buat berenang ncu.. tahu kan ncu? Tahulah pasti.. wkwk

Habis mengisi perut yang kosong.. kami semua terlelap tidur. Berharap, paginya Badai segera berlalu. Dilalahnya, sampai adzan subuh pun angin masih kencang. Yang niatnya mau Summit Atack pun akhirnya batal. Ya seperti itulah, mau sekompleks dan sedetail apapun rencana, manusia hanya bisa berencana.. tetap Allah yang menentukan. Cukup jalani dan nikmati saja skenario-Nya.

Yang ku ingat, saat kami berada di tenda masing-masing, ada sesorang yang menghampiri grupan tenda kami untuk meminta air hangat. Gue kira, airnya untuk persediaan minum mereka yang sudah habis. Ternyata, untuk menghangatkan salah satu anggota mereka yang terkena hipo! Suasana seketika gaduh. Banyak banget yang teriak. “peluk yang kenceng, peluk yang kenceng.. istighfar! istighfar! ayo istighfar!” jadi mereka tuh maksain turun dari Sabana 2.. karna angin lebih kenceng. Alhamdulillah.. tim kami “Silaturasa” baik-baik saja.


Detik ke menit.. menit ke jam.. dan hari mulai terang. Tapi matahari masih mengumpat di balik awan mendung. Angin makin kencang. Alhasil, leader memutuskan untuk kita semua segera prepare dan berkemas. Sekitar pukul 11 siang kami terpaksa turun. Kali ini lewat Selo meninggalkan Sabana 1. Banyak tenda yang ambruk saat itu. Di Akun sosial media pun terutama Instagram, ramai perbincangkan Badai Merbabu. Hmmm.. di zaman millennial ini, berita begitu cepat tersebar ternyata.

Banyak dari kami yang bisa di bilang perosotan. Karna jalur memang licin. Ditambah lagi hujan yang mengguyur. Tapi, kami tetap menikmatinya kok! Sesampainya di basecamp, semua mengantri ke kamar mandi untuk sekedar menyeka atau memang mandi beneran haha.. mandi sih!

Karna jumlah orangnya membludak, sedangkan kamar mandi tersedia hanya sedikit, gue sama winda memutuskan untuk mengisi perut dulu. Karna baju gue basah.. gue ganti dulu tuh. Kata Bu Parlan bisa ganti baju di belakang.. tapi tempat jemuran. Okelah gue iyain. Pas begitu ke belakang.. Lah ini mah terbuka pisan. Akhirnya, ada ibu-ibu yang keluar nggak tahu siapa namanya, “di dalam sana aja neng!” sambil buka pintu yang terbuat dari bilah-bilah bambu. Ruangannya gelap! Sok berani gue! Pas gue tutup pintu, ada suara hembusan nafas di belakang gue. Pas gue nengok ke belakang, Oh Shit! ahaha Kebo gede banget! Kebo apa sapi ya.. Sapi deh.. sapi perah gitu.. tapi ko ada tanduknya yak? Ahh itu deh pokoknya. gua spontan teriak dan keluar pintu.”Ibu…”, “kenapa neng?”, “hayu atuh bu, temenin”.. Ibunya malah ketawa. Wkwkwk.. Atuh jaraknya sama gue deket banget. Ada kali, tiga langkahan kaki mah. Alhasil, si ibu itu ke dalem nemenin gue. Dan di elus-elus sapinya. Huffftt’ ada-ada aja sih! Jadi ngakak sendiri kan tuh hahahaa

Mobil Kolbak menjadi transportasi andalan saat itu. Udah mah dingin, gerimis.. jalanannya bikin kami jadi gaduh spontan haha. Bentar-bentar belok, bentar-bentar turunan. Tapi asyik! Ahh pingin lagi !!

Usai dari basecamp gancik, perjalanan berlanjut menuju Yogyakarta. Kami menghabiskan separuh malam di sana. Sekitar pukul 1 dini hari, kita melalangbuana menginjakkan kaki di Kotanya Gudeg. Muter-muter keliling.. entah apa yang kami cari. Kaki terus melangkah, dan kami berpencar.. tak lagi bergerombol. Banyak musisi jalanan di sana. Jadi inget Pieter! Rasanya pingin megang gitar saat itu! Ya.. masih terbilang amatiran sih. Jauh-jauh muter yang dibeli apa? Energen dan teh manis hoalahhhh.. di rumah geh banyak! Alhasil, gue Mira, Winda keliling lagi sekedar nyari oleh-oleh untuk orang rumah. Gak jauh dari bakpia sih..

Jam terus berjalan, kami berkumpul di titik kumpul sebelumnya. Tempat di mana bus parkir. Mata sepet ngantuk juga, karna tadi cuma tidur ayam, sekarang bisa tidur beneran deh… Bermodalkan antimo, gue langsung cus merem. Berharap cepet sampai di Karadenan wkwk. 25 Desember, sekitar jam 3 sore kami sampai. Alhamdulillah lengkap dan tidak kurang satu pun.

Kini tas Carier beratnya menjadi 2 kali lipat. Sebab pakaian kami basah diguyur hujan. Tapi, tak apa! Rasa lelah akan segera mereda begitu sampai di rumah. Kami semua tiba di rumah masing-masing dengan selamat. Alhamdulillah..

Thank’s God!
Thank’s Gengs!
Terima kasih untuk semua yang sudah terlibat :-)
Mengabadikan moment itu perlu! Mau lihat cuplikan Merbabu kala itu?
Cekidot..




Jangan lupa Like and Subscribe :) comment juga boleh .. Hatur nuhun :)

by : Andini Putri Rinjani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keep Moving My Dear🌻❤️

Kita Setara! Menjabat sebagai "Manusia"

Lagu Recomanded Banget !! Avril Lavigne - Fly || Find it