Waktunya Kuliner - Bakso Tik-Tok Mas Paat – Kawah Ijen (Part 2)


“Tenk.. Posisi?” “Gue Masih di Probolinggo. Kalian langsung ke homestay aja. Gue udah ngabarin pihak sana ko. Nih alamatnya..” “Oke!”

#Karang Asem In Hostel, Karang Asem Dormitory, Banyuwangi.


(*Sedikit penjelasan, ini foto dari pintu kamar nomor 1-5 dan di depannya nomor 6-8. dan kita booking yang double. mengenai harga, kalian bisa cek sendiri di mbah gugel hehehe).

“Yuk din.. ke depan,” ajak Mira. “Bentar napa,” nada lesu. “Ayo.. katanya mau cepet sampe.. gimana sih!” sambil narik tangan membangunkan posisi supaya gue berdiri “hmm..”

Tepat di depan plang Terminal Brawijaya, gue dan Mira setia menunggu Grabcar. “Din. Angkat nih..” “Hallo mbak?” “Ya Hallo, Pak?” “Mbanya posisi di mana?” “Tepat di depan Terminal Brawijayanya Pak..” “mohon maaf sebelumnya, jadi peraturan penjemputan itu harus 100 meter dari lokasi terminal, mbak gapapa ya jalan dulu menuju arah barat, ke sebelah Samsat?” “Hm seperti itu ya Pak, Bapak sendiri sudah sampai mana?” “Ini mbak sebentar lagi sampai, mobil saya warna merah sedan.” “oke siap pak..”

“Oh itu din.. mobilnya!” sahut Mira. (*Menghampiri mobil). “Maaf ya mbak..” sambil membuka kaca mobil. “Gapapa ko Pak..” “Peraturannya memang seperti itu mba. Jadi, bla bla bla..” (*Mengulas kembali percakapan di telepon).

“Homestaynya dekat stasiun Karangasem yah?” tanya si Bapak. Gue dan Mira saling pandang. Bingung. “hm kita belum tahu tepat lokasinya di mana pa, tapi kalau memang di google mapsnya seperti itu, mungkin iya.” “Jadi, belum ada yang survey?” “Teman saya sudah Pak, sebelumnya sudah pernah, hanya saja dia masih dalam perjalanan, jadi kita duluan deh.” Sambung Mira. “hm gitu toh mba..”

Suasana Hening. Hanya ada suara lalu lalang kendaraan. Itu pun tidak seramai di Cibinong. Lama-lama di sini, pasti betah. Nggak bising. Kalau bikin Puisi, bakalan lancar nih haha.

“Nah.. ini dia homestaynya.. sudah sampai mbak..” “Terima kasih ya Pak..” jawab kita berdua.

“Ada yang bisa dibantu mba?” “hm saya sudah booking kamar Mas..” “Atas nama siapa ya mbak?” “Hadi..” “Mas Hadi.. mas Hadi..” sambil menggerakkan jari telunjuknya secara menurun, di atas buku daftar booking. “Oh.. Hadi Julianto?” “Iyah Mas” “Lho Mas Hadinya mana?” “Masih di perjalanan Mas..” kata gue, “Iya.. sempat di oper bus juga, jadi kemungkinan 4 jam lagi baru sampai.” Sambung Mira. “Oh, yowes, mari saya antar..” menjulurkan tangan kanan tanda mempersilahkan. “2 kamar ya mba?” “iyah” jawab kami kompak. “Ini kamar 2 dan 3.. monggo pilih yang mana?” kata si Mas menawarkan. “Sama aja kan yah Mas?” tegas gue. “Iyah..” “Yaudah 3 aja ya Raa..” (Ngangguk). “Saya tinggal ya Mba.. Semoga nyaman, kalau ada yang diperlukan bilang saja, jangan sungkan-sungkan, selamat Istirahat ya mbae..”


Jebret... Pintu langsung di tutup. Tas langsung di lempar dan.. it’s time to “Rebahan”. Yeaaaaaaayyyyyy..

4 menit kemudian, adzan Ashar berkumandang. “Eiya, kita nggak nanya kiblatnya ini” “Lah iya, gue nggak inget pisan din..” “Nih pake kompas hape aja..” kata Mira sambil menyodorkan ponsel. “East West.. East Timur West Barat kan ya?” “Iya..” “Nah kesana berarti..” “Yakin?” “InsyaAllah hahaa.. gini-gini gue mantan anak Pramuka wkwkwk” “iya napa iya din..”

Usai bebersih dan menunaikan Sholat, kita berdua lanjut untuk mengisi perut yang sudah keroncongan. Uh.. apalagi gue, kosong pisan. Hahaa.. Oiya gambaran homestay kita nyaman ko. Nyaman banget malah. Bersih. Wangi. Dan yang paling penting sih ada wifi. Gue yang lupa bawa sendal jepit akhirnya minjem sama kamar depan. Jadi, kamarnya itu berhadapan. Belum kenal, sudah berani pinjam. Sekali lagi kepepet. Nggak apa-apa lah ya.. “Assalamualaikum..” sambil mengetuk pintu. Dan Mira melihat dari teras kamar. “Iya, waalaikumsalam” (*kepalanya doang yang nongol. Kayanya sih habis mandi. Soalnya rambutnya diandukin gitu, kaya habis keramas). “Ada apa ya?” “Teh.. aku boleh pinjem sendal nggak? Mau kedepan cari makan?” “Oh.. kirain kenapa, pakai aja say, gapapa ko..” “oke, nuhun Teh..” “Iyah..”

Homestay menuju warung depan nggak jauh ko, nggak sampe 1 menit. dan Tinggal milih. Ya tapi habis milih tetep bayar yo.. Kita berdua mengisi perut dengan mencoba “Bakso Tik-tok Mas Paat”. Gue sih belum sempet nanya-nanya, kenapa dinamain Tiktok. Baru juga beli masa udah bawel? Gue tahan akhirnya.

“Mau pesen opo to mbae?” “Hmm aku Bakso Uratnya aja deh Pak..” “Mbanya satu lagi, opo?” “Samain aja deh..” sambung Mira. “Kalau menu yang ini apa sih pak?” tanya gue kepo. “Oh itu sudah habis mba.. tetep Bakso tapi didalamnya ada daging campur tetelan” Gue bengong. Mencoba mencerna kalimat si bapak sambil ngebayangin. Bakso beranak kali yak.. “Oh gitu toh..” jawab gue menyudahi.

“Ini dia baksonya..” “Makasih pak..” jawab kami kompak. “Mbanya mau ngopi ndak? Anget-anget, coba Kopi Banyuwangi?” “Enggak pak makasih..” jawab gue menolak sambil menghernyitkan dahi. (*inget banget waktu pulang campcer dikasih Kopi Kelud sama Bang Dwi. Dan itu tanpa gula. Aduh! Nggak lagi-lagi deh. Berasa minum perasan daun samiloto. Eh tapi, gue kan nggak pernah minum  perasan daun samiloto ya.. ah gitu deh pokoknya). Pahit. Titik.

Just For Your Information, guys! #Asik haha “Bakso Tik-tok Mas Paat” itu harga seporsinya 15 ribu, di dalamnya itu dicampur olahan somay gitu, ada kol somay, ada bakwan juga, pangsit juga ada. Tahu somay juga ada. Rasanya enak ko. Apalagi kalau lagi laper. Beuhhh lahap! (*Kalo gue pikir pikir, kenapa namanya nggak “Bakso Ramay” aja ya? Bakso Rasa Somay. Eh tapinya ambigu deh, masa iya bakso rasanya somay? Apaan sih din? wkwkwk).

Selera gue sama Mira beda. Tapi, bukankah perbedaan justru yang mengindahkan? Layaknya suku Indonesia yang berbeda-beda tetap satu jua? Dan layaknya sebuah pelangi yang berbeda warna? Apa jadinya, jika sama? Gue rasa akan monoton sekali jika di pandang. Dan pastinya, nggak akan ada yang namanya permainan “Mejikuhibiniu” di zaman 90-an. Nahloh.. nyambung ke pelangi wkwkwk..). Gue pedes manis. Sedangkan mira, Pedes asin. Jadi kebiasaan Mira tuh, sebelum menyantap bakso, yang wajib hadir adalah garam. Naik bus juga bawa-bawa garam ternyata. Dan gue ikutan nyemil garam haha..

Perut kenyang. Kita masih nongkrong. Waktu juga masih cerah. Dan Si Bapaknya juga grecek, bawel, beliau menceritakan secara singkat bagaimana awal usaha Baksonya berdiri. Dari yang gerobak keliling, lalu menggunakan sepeda motor, dan sampai pada akhirnya menyewa kios saat ini. Padahal, kita berdua nggak nanya. Mungkin, Pak Paat nangkep telepati gue kali yak hahaaa. Memang ada niatan mau nanya, eh dia cerita duluan. Tapi tentang pemberian nama itu belum diceritakan. Kami berdua pun keburu pamit, sebab badan masih perlu yang namanya rebahan. Sebelum menuju homestay, kami mampir ke warung sebelah untuk membeli detergen. Berasa lagi nge-kos wkwkwk. Ya, kalo ada kesempatan untuk mencuci pakaian, kenapa nggak. Setidaknya, meringankan baju kotor sepulang nanti. Eh tapi, kita juga nggak bawa banyak sih. Hehehe.. yang banyak itu bawa keresek. Itu gue!

Maghrib lalu Isya. Waktu terasa cepat. Dan si Atenk belum juga tiba.

“Gue di oper lagi nih” info Atenk. “Ko bisa?” “Gitu dah, paling nanti sampe jam 9 nan. Kalian tidur aja duluan. Alarm jam 00.00 okeh!”

Usai prepare membawa apa saja yang hendak dibawa muncak, Lelah muntah sewaktu di bus makin terasa, membuat badan terkulai lemas sejadi-jadinya. Gue tepar duluan. Dan Mira masih menikmati ponselnya. Entah jam berapa, ponsel Mira tiba-tiba tepat berada di bawah bantal gue, dan itu sedang memutar murotal Qur’an. Sampai pada akhirnya jam 23.50 WIB Atenk menggedor pintu. Dan alarm percuma. Hahaaa..

“Bangun mbaeeee...” teriak Atenk, sambil gedor pintu kamar. Gue Mira kaget. “Ha? Jam berapa Raa?” “Gila! Cepet banget!” sambung Mira. Nih hape bunyi murotal ama elu? “Atuh tadi gue iseng, din.. ada yang bunyi gitu di gagang pintu.” “Het, Jangan bikin parno wey.. kucing kali..” “Masa iya, kucing main gagang pintu? Kan tinggi gagangnya, ya makanya gue setel ngaji aja.. Terus abis, itu udah nggak bunyi lagi.” “Hmm udeh udeh cuci muka ayo.. Si Atenk udeh nungguin di luar..” (*Jadi, samping kamar kita memang kosong. Tapi, perihal bunyi nggaknya, gue nggak denger. Saking pules kali ya).

“Gimana tidurnya?” “Si Dini mah enak, pules..” jawab Mira lesu. “Lah elu ngapa emang? Tanya Atenk “Tadi gue nggak bisa tidur, ada yang bunyi masa..” “Perasaan lu doang kali.. yaudah, sekarang bawa ktp kalian, kita cek motor.” “Yuk..” gue sama Mira jalan sambil ngucek-ngucek mata.
Pukul 00.00 kita bertiga cek motor.

“Mau yang mana?” tanya Atenk. “Yang ini aja..” “okeh” “Lu yang bawa Din?” “Iya, gue yang bawa gapapa Ra..” “Sekalian sewa masker belerang nggak?” “berapa?” “25k” “yaudah..”
(*Kalau sewa di atas (pas menuju gerbang) biasanya, harga mencapai 35k. Lumayan kan bedanya. hmm).

Kita bertiga balik lagi ke kamar. Ganti kostum Haha.. Power ranger kali ah.

Pukul 00.15 kita meluncuuuuuuur...... Bismillahirrahmanirrahim..

Tunggu Part 3 nya ya..

by : Andini Putri Rinjani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keep Moving My Dear🌻❤️

Kita Setara! Menjabat sebagai "Manusia"

Lagu Recomanded Banget !! Avril Lavigne - Fly || Find it